Sunday, 29 March 2009

The Kite Runner - Khaled Hosseini



yupp2, memang telat baru baca tuh buku bagus sekarang.
secara udah beredar di Indo sejak Feb08 (cetakan I).
bahkan di US beredar Mei03, dan udah difilmkan tahun 07!
hho telat bgt d gw.
ngmg2, emg film The Kite Runner ga masuk Indo ya?
sayang y,, padahaaaaaaal...

LUAR BIASA bgt ceritanya.
ga tau deh kata lain yang bisa mendeskripsikan
dengan tepat untuk cerita se-luarbiasa itu.
The Kite Runner benar2 bagus.
bahkan menurut gw,
Twilight series akan terlihat dangkal kl dibandingin
sama The Kite Runner.
sm kayak pas pertama kali gw baca Naruto vol.1-3,
gw merasa terharu. hiks.
TAPI. berbeda dengan Naruto yg cm mengharukan
di 3 komik awal, hampir setiap 2 chapter dari buku ini
bikin gw mengharu-biru.
Khaled Hosseini hebat bgt!

gw rasa yang membuat buku ini jadi sangat bagus
karena isinya sama sekali ga ada cinta2an.
biasa sebagus2nya buku yang isinya cinta2an kan
intinya kurang lebih sama.
kl ga cinta segitiga, kl ga temen trus demen.
yaaa gtu2 lah. bosan.

sedangkan The Kite Runner menampilkan cerita lain.
tentang persahabatan yang dibayangi perbedaan ras.
pengkhiatan dan penebusan dosa.
beda banget dari novel2 abal yang cm bisa mengagung2kan cinta,
berpuisi gombal ria, sok mendramatisir hal remeh.

beberapa kutipan dari buku itu yang berkesan bagi gw:
"...hanya ada satu macam dosa, hanya satu.
Yaitu mencuri. Dosa-dosa yang lain adalah variasi dari dosa itu.
...
Kalau kau membunuh seorang pria, kau mencuri kehidupannya.
Kau mencuri seorang suami dari istrinya,
merampok seorang ayah dari anak-anaknya.
Kalau kau menipu, kau mencuri hak seseorang
untuk mendapatkan kebenaran.
Kalau kau berbuat curang, kau mencuri hak seseorang
untuk mendapatkan keadilan."


"... Setiap hari aku memanjatkan rasa syukur
kepada Allah karena telah menjaga kehidupanku,
bukan karena aku takut menghadapi kematian,
namun karena istriku akan tetap memiliki suami,
dan anakku tidak akan menjadi yatim piatu..."


setelah gw googling, barulah gw nyadar kl
kata2 asing yang dicetak miring sepanjang cerita
adalah bahasa Farsi,
bahasa resmi di Afghanistan, Iran dan Tajikistan.
padahal di buku banyak di sebut kata Farsi.
hho, baru nyambung sekarang :P

beberapa kata dalam bahasa Farsi yg gw pelajari:
salaam >> hai
agha >> kata sapaan untuk menunjukkan rasa hormat
tashakor >> terimakasih
doset daram >> aku cinta kamu
komak >> tolong
khoda hafez >> sampai bertemu
nang >> kehormatan
namoos >> kebanggaan

gw akhiri postingan ini dengan
mengerjakan tag dr Cipta

♥ Buku yang Kamu Suka?
• The Kite Runner dongg, udh jelas gtu. hho.

♥ Film yang kamu Suka?
• liat di sini aj.

♥ HP yang kamu Suka?
• iPhone! beuuhh mantabb.

♥ Laptop yang Kamu Suka?
• vaio pocket size. meski ukurannya mini bgt.

♥ Kamu Suka Plurk atau Twitter?
• gw c join Twitter. tp ga suka keduanya.

♥ kamu suka alpenliebe ato chox alpenliebe?
• Alpenliebe. gw kurang suka sm permen yg ada isinya.

♥ nilai tertinggi kamu di SD SMP SMA?
• 100

♥nilai terendah di SD SMP SMA?
• kyny pas SD gw pernah dpt 20. ho3..

n.b: baru nyadar gw,
The Kite Runner = Anak Layangan = ALAY!
0_O!!! gw bacain buku ttg ALay?!
hwakakak, swt..

Saturday, 21 March 2009

Freedom Day!

wew, it's been a looooong time to be here, at my freedom day.
I've to pass my:
  • Biology - English mid-term test on Monday
  • Mathematics mid-term test on Tuesday
  • Physics - Chinese mid-term test on Wednesday
  • Chemistry - Civic Education mid-term test on Thursday
  • Indonesian - History mid-term test on Friday
they're such a trouble! considering I really hate mid-term and term test.
I think there isn't any benefit for doing mid-term test or term test.
huaaa, whatever. the most important thing now that everything is over.
I can enjoy my life as usual :P

by the way, few days ago I found this pleasant clip.
check this out :)



 love this clip!
though I don't really like orange. hho.

last word: Happy freedom day pals!

Friday, 13 March 2009

Hari Jumat Tanggal 13

jika Jumat tanggal 13 adalah hari sial.
maka 2009 merupakan tahun yang luarbiasa sial.
Jumat 13 minggu ini adalah satu dari tiga Jumat 13 dalam satu tahun ini.

bulan lalu kita alami yang pertama.
berikutnya pada bulan November.
yang seperti ini jarang terjadi,
tiga ancaman sekali setiap 11 tahun.

asal mula hubungan antara kesialan dan Jumat 13
sebenarnya masih tidak jelas.
kemungkinan, hal ini merujuk pada Kitab Suci
dimana terdapat tamu ke-13 yang mengkhianati Yesus.

pada abad pertengahan,
baik Jumat dan 13 dianggap sebagai pembawa nasib buruk.
di zaman modern,
dianggap sebagai takhayul yang berlaku dalam masyarakat.

5 fakta-fakta favorit tentang Jumat 13:

  • ketakutan pada Jumat 13 -salah satu mitos paling populer di bidang sains- yang disebut sebagai Paraskavedekatriaphobia atau Friggatriskaidekaphobia. disebut Triskaidekaphobia untuk orang yang takut pada angka 13.
  • banyak rumah sakit - rumah sakit yang tidak mempunyai kamar nomor 13. sementara banyak gedung - gedung bertingkat melewatkan lantai ke 13 dan terminal - terminal di beberapa maskapai penerbangan menghilangkan gerbang 13.
  • Presiden Franklin D. Roosevelt tidak akan bepergian pada tanggal 13 di bulan apapun dan tidak pernah menjamu 13 tamu dalam acara makan. Napoleon dan Presiden Herbert Hoover juga seorang Triskaidekaphobic.
  • Mark Twain pernah suatu kali menjadi tamu ke-13 saat acara makan malam. seorang temannya mengingatkannya untuk tidak pergi. "It was bad luck," Twain berkata pada temannya. "They only had food for 12".
  • nomor 13 menderita dari posisinya setelah 12, menurut numerologis yang mempertimbangkan nomor yang belakangan menjadi nomor lengkap -12 bulan dalam setahun, 12 Dewa Olympus, 12 tugas Hercules, 12 suku Israel, 12 rasul Yesus, dan 12 telur dalam satu lusin.
sementara itu,
kepercayaan bahwa angka - angka memiliki hubungan
dengan kehidupan dan hal-hal fisik -numerologi-
telah memiliki sejarah yang panjang.

"Anda dapat menelusuri semua jalan dari para pengikut Pythagoras,
yang memiliki peribahasa yang menggambarkan
bahwa alam semesta adalah semua angka (the universe was 'all is number'),"
ujar Mario Livio, seorang astrophysicist
dan penulis "The Equation That Couldn't Be Solved" (Simon & Schuster, 2005).

pemikir yang belajar di bawah ahli Matematika Yunani terkenal,
menggabungkan angka dalam berbagai cara
untuk menjelaskan semuanya yang ada di sekitar mereka, kata Livio.

para ilmuwan mengatakan bahwa
di zaman modern ilmu berhitung telah menjadi para-sains,
seperti banyak prediksi bermakna dari ilmu perbintangan.

klik untuk melihat versi lengkap dalam bahasa Inggris.

gw udah malas banget mengulang menerjemahkan,
secara ditengah2 ngetik tiba2 browser gw hang!!!
jadi yang gw post ini adalah hasil jerih payah gw
selama setengah jam buka kamus,
yang berhasil terselamatkan
berkat autosaved yang telah gw aktifkan di settingan blog ini.
Thank God!

nb: check this out.