Sunday, 29 March 2009

The Kite Runner - Khaled Hosseini



yupp2, memang telat baru baca tuh buku bagus sekarang.
secara udah beredar di Indo sejak Feb08 (cetakan I).
bahkan di US beredar Mei03, dan udah difilmkan tahun 07!
hho telat bgt d gw.
ngmg2, emg film The Kite Runner ga masuk Indo ya?
sayang y,, padahaaaaaaal...

LUAR BIASA bgt ceritanya.
ga tau deh kata lain yang bisa mendeskripsikan
dengan tepat untuk cerita se-luarbiasa itu.
The Kite Runner benar2 bagus.
bahkan menurut gw,
Twilight series akan terlihat dangkal kl dibandingin
sama The Kite Runner.
sm kayak pas pertama kali gw baca Naruto vol.1-3,
gw merasa terharu. hiks.
TAPI. berbeda dengan Naruto yg cm mengharukan
di 3 komik awal, hampir setiap 2 chapter dari buku ini
bikin gw mengharu-biru.
Khaled Hosseini hebat bgt!

gw rasa yang membuat buku ini jadi sangat bagus
karena isinya sama sekali ga ada cinta2an.
biasa sebagus2nya buku yang isinya cinta2an kan
intinya kurang lebih sama.
kl ga cinta segitiga, kl ga temen trus demen.
yaaa gtu2 lah. bosan.

sedangkan The Kite Runner menampilkan cerita lain.
tentang persahabatan yang dibayangi perbedaan ras.
pengkhiatan dan penebusan dosa.
beda banget dari novel2 abal yang cm bisa mengagung2kan cinta,
berpuisi gombal ria, sok mendramatisir hal remeh.

beberapa kutipan dari buku itu yang berkesan bagi gw:
"...hanya ada satu macam dosa, hanya satu.
Yaitu mencuri. Dosa-dosa yang lain adalah variasi dari dosa itu.
...
Kalau kau membunuh seorang pria, kau mencuri kehidupannya.
Kau mencuri seorang suami dari istrinya,
merampok seorang ayah dari anak-anaknya.
Kalau kau menipu, kau mencuri hak seseorang
untuk mendapatkan kebenaran.
Kalau kau berbuat curang, kau mencuri hak seseorang
untuk mendapatkan keadilan."


"... Setiap hari aku memanjatkan rasa syukur
kepada Allah karena telah menjaga kehidupanku,
bukan karena aku takut menghadapi kematian,
namun karena istriku akan tetap memiliki suami,
dan anakku tidak akan menjadi yatim piatu..."


setelah gw googling, barulah gw nyadar kl
kata2 asing yang dicetak miring sepanjang cerita
adalah bahasa Farsi,
bahasa resmi di Afghanistan, Iran dan Tajikistan.
padahal di buku banyak di sebut kata Farsi.
hho, baru nyambung sekarang :P

beberapa kata dalam bahasa Farsi yg gw pelajari:
salaam >> hai
agha >> kata sapaan untuk menunjukkan rasa hormat
tashakor >> terimakasih
doset daram >> aku cinta kamu
komak >> tolong
khoda hafez >> sampai bertemu
nang >> kehormatan
namoos >> kebanggaan

gw akhiri postingan ini dengan
mengerjakan tag dr Cipta

♥ Buku yang Kamu Suka?
• The Kite Runner dongg, udh jelas gtu. hho.

♥ Film yang kamu Suka?
• liat di sini aj.

♥ HP yang kamu Suka?
• iPhone! beuuhh mantabb.

♥ Laptop yang Kamu Suka?
• vaio pocket size. meski ukurannya mini bgt.

♥ Kamu Suka Plurk atau Twitter?
• gw c join Twitter. tp ga suka keduanya.

♥ kamu suka alpenliebe ato chox alpenliebe?
• Alpenliebe. gw kurang suka sm permen yg ada isinya.

♥ nilai tertinggi kamu di SD SMP SMA?
• 100

♥nilai terendah di SD SMP SMA?
• kyny pas SD gw pernah dpt 20. ho3..

n.b: baru nyadar gw,
The Kite Runner = Anak Layangan = ALAY!
0_O!!! gw bacain buku ttg ALay?!
hwakakak, swt..