Monday, 26 December 2011

Christmas Talk

http://dudukbersila.com/2011/12/25/ucapan-selamat-natal/

http://dinastuti.blogspot.com/#!/2011/12/assumption.html

I like they blog.
the funny thing is they talk about the same topic
at the same day.
somehow I felt regret didn't post any thing about
my 2011's Christmas Day..
I wonder if I did, it would be nice to read
3 posts talking about the same topic
at the same day
with different story.

Monday, 12 December 2011

Zooey Deschanel-minded

lately, Zooey gains a bright spot in public for her new TV series, New Girl.


her quirky character as Jess successfully makes me love this series~

everything else you want to know, just click here :D

well, though Jess character really nice, I gave 6.5 out of 10 rating
for the series because the other character and the dialogues among them
is not as good as I expected :P

and, here's another new movie of Zooey I'd like to share.


Zooey acts as a lesbian. interesting! hahahahaha


this movie makes me thinking
"yes, there must be someone in some families who is similar with the idiot brother"
and absolutely this thought makes me grateful about
having such a smart brother like mine. LOL.

overall rating for this movie, uhmm.. 7 out of 10,
for its blandness and brings no inspiration.



as usual, after watching any Zooey's videos (movies, series, ads, clips, etc.)
I always google her, anything about her.
from her latest news, latest song, latest clips
(she's a singer, fyi, click here to know more about her band),
ANYTHING about her! hahahhahhahahaha.
I do love Zooey :3
she's just unique and interesting.

this is one of her photos which I saved in my computer.


rarely see her in straight black hair


I saw lots of her photos in google
and suddenly it pops out my mind,
"why don't I try to make some looks
based on her cute-nice-simple style?"
and here are some mix and match stuffs I've done in Looklet ;p
humbly I'd say sorry if these don't present any Zooey look.
I'm not a pro in fashion styling and rarely use Looklet.
please understand, hahahhahahaha.


Tuesday, 8 November 2011

Seminar Pengganti Kelas

satu pertemuan kelas Psikologi Pendidikan digantikan
sebuah seminar yang disampaikan oleh seorang dokter dan profesor.
topik seminarnya menyangkut tentang anak2,
mungkin itu yang membuatnya dapat menggantikan kelas
Psi Pend ;P
ini hasil kelas pengganti tersebut :)


dr. Theresia Kaunang menyampaikan materi mengenai
Prevalensi Masalah Perilaku pada Anak dan Metode Terapi yg Tersedia

melalui presentasinya, dr. Theresia menyampaikan banyak hal.
pertama-tama beliau menejelaskan tentang tipe2 gangguan perkembangan pervasif
yg meliputi:
Autisme, Gangguan Asperger, Gangguan Rett, Gangguan Disintegratif Masa Anak-Anak,
dan PDD-Nos

Autisme adalah gangguan yang ditandai tidak adanya interaksi sosial timbal balik,
penyimpangan komunikasi dan pola perilaku terbatas serta stereotipik.
masalah perkembangan penderita Autisme meliputi:
social skill, bahasa, atensi, persepsi, tes realita, dan gerakan motorik.
deteksi Autisme dapat dilakukan dengan:
pemeriksaan medis, fisik, psikiatrik, neurologis, psikologis, laboratorium,
tes pendengaran, ketajaman penglihatan,
dan pemeriksaan EEG.

tipe gangguan perkembangan pervasif lainnya adalah
Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktif (GPPH).
GPPH merupakan gangguan psikiatrik pada anak yg paling banyak.
gejalanya ditandai dengan adanya inatensi, hiperaktivitas, dan impulsivitas.
berdasarkan DSM-IV, GPPH memiliki diagnosis:
gejala harus berlangsung selama 6 bulan;
harus terdapat 6/lebih gejala inatensi dan/atau hiperaktivitas atau impulsivitas;
sebagian gejala timbul sebelum usia 7 tahun;
gangguan akibat gejala setidaknya harus terlihat pada 2 lingkungan (mis: sekolah & rumah);
terjadi gangguan yg cukup bermakna: sosial, akademik, dan pekerjaan;
gangguan lain (Autisme, Retardasi Mental, Skizofrenia) harus disingkirkan.

dampak gangguan tersebut bermakna pada perkembangan dan prestasi anak.

ada bermacam2 tipe GPPH:
inatentif (kurang dapat memperhatikan)
hiperaktif-impulsif
kombinasi
dalam remisi parsial
tidak tergolongkan

penyebab GPPH sampai sekarang belum diketahui.
akan tetapi ditemukan adanya kekurangan zat kimia yg menyampaikan pesan di otak.
kekurangan norepinefrin memicu inatensi,
kekurangan dopamin memicu hiperaktif-impulsif.

GPPH jelas menimbulkan dampak bagi prestasi anak di sekolah.
biasanya anak dgn GPPH:
perilaku di kelas buruk,
prestasi sekolah buruk,
sering dimarahi guru,
dikeluarkan dari sekolah,
gagal menyelesaikan sekolah.

bagi penderita GPPH, dampak yang dirasakan adalah:
prestasi belajar buruk,
gangguan sosialisasi,
status pekerjaan rendah,
berrisiko mengunakan narkoba,
berrisiko menerima tindak kekerasan/child abuse,
risiko kecelakaan meningkat,
hilang percaya diri.
sedangkan bagi keluarga penderita GPPH, dampaknya adalah:
stres,
keharmonisan keluarga terganggu,
perubahan status pekerjaan.

tipe gangguan perkembangan pervasif berikutnya adalah
Gangguan Perilaku Menentang/Oppositional Defiant Disorder (ODD).
ODD adalah suatu pola negativistik, permusuhan dan perilaku menentang yg
terus menerus tanpa adanya pelanggaran serius terhadap norma sosial atau
hak orang lain.
48% anak ODD mengalami GPPH.

gambaran mengenai penderita ODD:
sering berdebat/protes dgn orangtua,
kehilangan kendali atas rasa marah,
menolak patuh pada peraturan orangtua,
sengaja menganggu orang lain,
menyalahkan orang lain atas kesalahannya,
mudah tersinggung,
sering marah dan membenci,
sering dengki dan ingin balas dendam,
gejala sering terlihat di rumah, sekolah, atau di kedua tempat tsb,
seringkali perilakunya dianggap sebagai respons terhadap keadaan
yang tidak dapat diterima,
gangguan ini mengganggu fungsi sosial, akademik, atau pekerjaan,
penyalahgunaan obat terlarang (sekunder).

tipe gangguan perkembangan pervasif yg terakhir disebutkan oleh
dr. Theresa adalah Conduct Disorder,
yang merupakan pola perilaku berulang dan menetap di mana hak dasar orang lain
atau norma sosial yg sesuai usia dilanggar.
gambaran klinis Conduct Disorder adalah:
berbohong, mengancam, mengintimidasi orang lain;
memulai perkelahian fisik;
menggunakan senjata yg menimbulkan bahaya (batu, pecahan botol, pisau);
kejam secara fisik pd orang lain maupun binatang;
mencuri, memeras, merampok;
memaksa orang lain secara seksual;
sengaja menimbulkan kebakaran;
sengaja menghancurkan barang orang lain;
membongkar rumah, bangunan, kendaraan orang lain;
berbohong untuk mendapat barang atau kemurahan hati atau menghindari kewajiban;
meninggalkan/melarikan diri dari rumah, bolos sekolah;
mengekspresikan perilaku agresif dalam berbagai bentuk;
sering menyembunyikan perilaku antisosial;
terlibat penggunaan NAPZA, miras, dan rokok;
gangguan bermakna dalam fungsi sosial, akademik, dan pekerjaan.

gangguan2 psikiatrik lainnya yg berdampak pd masalah perilaku:
mental retardasi, gangguan depresi, cemas, gangguan komunikasi,
psikotik, masalah emosional krn lingkungan, masalah perkembangan anak lainnya.

treatment yg dilakukan meliputi multimodal treatment, yaitu
pharmacological treatment dan psychosocial treatment.
bentuk2 treatment yg dapat dilakukan meliputi:
farmakoterapi,
psikoterapi,
terapi perilaku, wicara, okupasi,
sensori integrasi,
terapi remedial,
konseling keluarga,
program pola asuh,
parents, social skills training,
perbaikan nutrisi,
environmental management,
dan school based intervention.

Monday, 7 November 2011

Craving for Michael Bublé

geez, it's been a while since my last googling
about my beloved crooner, Michael Bublé Image Hosted by ImageShack.us

the latest news I know about him is
he launched his amazing Christmas album on 24th Oct.


GOD!!!! I crave it soooo bad Image Hosted by ImageShack.us

I love Bublé more and more until I started thinking about
buying any kind of merchandise they sell in his official website...

this sweater looks good if you don't ask the price


hmpf.
even just for expressing how much desire I have of him,
I still need a lot of bucks... Image Hosted by ImageShack.us

I'm melting more about his voice when I listened to this song Image Hosted by ImageShack.us


Michael Bublé...
there's nothing more I can talk, he's just to good to be true... *speechless*

Sunday, 6 November 2011

Monday, 31 October 2011

I Learned It The Hardest Way

entah ungkapan dalam judul di atas jika
diterjemahkan dalam bahasa Indonesia akan berbunyi seperti apa.
yang pasti, melalui kegiatan Tree Camp
pada tanggal 29-30 Oktober lalu,
gw sungguh mendapat banyak pelajaran di tengah kesulitan
yang telah gw alami. Image Hosted by ImageShack.us

perkenalkan,
namanya Putri Diedra, Fakultas Ekonomi 2009.
ramah, mudah bergaul, dan penuh ide.
pada akhirnya dia ttp bisa diandalkan,
meski awal2nya banyak melakukan penolakan. hahahahaha
jika wktu persiapannya lbh bny, gw yakin Putri bs jd MC
yg sangat oke pas acara berlangsung :)

sama seperti gw,
Putri pun menjabat sebagai staff acara dalam event ini.
tapi tidak seperti gw,
Putri tidak pernah mengecek e-mailnya
padahal modul dan rundown acara selalu didistribusikan
koorbid gw lewat e-mail (mengingat jarangnya divisi acara
melakukan rapat divisi...)


kalau yang ini namanya Joseph Utama,
tapi lebih akrab dipanggil Ocep.
sama seperti gw dan Putri, Ocep juga menjabat sbg staff acara dalam event ini.
tapi tidak seperti gw dan Putri,
Ocep sama sekali blank ttg isi dan games2 di dalam acara ini >.<
akibatnya,
dia hanya menjadi penjaga pos selama permainan outbound berlangsung dan menjadi pengiring gitar. Ocep ga pernah mimpin games di pendopo! Image Hosted by ImageShack.us

selama hari pertama, tgl 29/11,
Ocep benar2 gw bully.
dari jam 11, jam kedatangan peserta,
s.d jam 23.30, jam evaluasi,
gw selalu mengawali pembicaraan dengan ngmg "Ocep ganteng",
atau "Ocep yang paling ganteng".
gw bahkan ngmg sm panitia2 lain kalau
hny Ocep seorang yg paling ganteng diantara mrk.

apa yg gw lakukan memang menyebalkan dan jahat.
mengingat apa yg gw lakukan menimbulkan perasaan
tidak nyaman terhadap Ocep sendiri.
sebenarnya gw melakukan itu sebagai bentuk pelampiasan
kekesalan gw sm dia jg, krn dia ga tau apa2
dan ga bisa gw mintain tolong apa2 (pimpin games ga bisa,
bawain debrief ga bisa, pimpin renungan ga mau... hhhh..)
gw benar2 kesal wkt itu sm Ocep, tp gw ga sadar
bahwa dia udah beretika baik dengan berani hadir
di acara Tree Camp, walau blank sama sekali
ttg acara (pdhl dia staff acara!).

pada akhirnya gw tau kenapa Ocep bisa bgitu
ga bertanggung-jawab terhadap event ini.
ternyata dia, di saat yg bersamaan, telah terdaftar
dalam DELAPAN kepanitiaan lain.
gw baru ikut 3 kepanitiaan aja udah butuh ke UGD,
si Ocep ikut 8 dan dia masih hidup hingga detik ini.
lu.ar bi.a.sa, gw cukup salut sama dia.

tp dari Ocep pun gw belajar kalau gw harus bisa
memilih dan melakukan prioritas.
ga bisa semua kegiatan mau gw ikutin.
ga bisa juga mentang2 cm jadi staff terus jadi
merasa ga involved dalam suatu kegiatan.
ga bisa, Cep, ga bisa! hahahahahahahhaha

perkenalkan,
ini adalah tim advance.
terdiri dari Ito, wakil ketua,
Albert, koordinator perlengkapan
beserta Jonathan, staff perlengkapan,
dan gw, perwakilan dari divisi acara.

sesuai judul, kami, tim advance,
berangkat terlebih dahulu menuju lokasi camping
pada tanggal 28/11.
gw sangat bersyukur dengan keberadaan teman2
tim advance ini :)
percayalah, tanpa mereka gw ga akan bisa menyusun ulang rundown di H-1 sambil mengoreksi clue games yang salah, sambil melengkapi modul games yg kurang. keberadaan Ito, Albert, dan Jon waktu itu benar2 memberikan energi positif ke gw, yg sungguh mengalami disonansi ketika harus mewakili divisi acara dlm tim advance... *hela napas panjang*

menurut gw,
selama bersama tim advance,
gw paling banyak belajar dari manusia yg satu ini >>
gw belajar cara kerja efektif.
seriously, Albert ga pernah mengeluh selama menyiapkan perlengkapan.
yang dia tau cm kerjain, kerjain, dan kerjain segala sesuatu yg bisa dia kerjain.
sedangkan yg gw tau cm
mengeluh, marah2, kesel, dan hal2 tidak berguna lainnya.
keberadaan dia di tengah2 tim advance mnrt gw benar2 membantu.
pembawaannya tenang bgt, bisa dibilang ga ada emosi bahkan.
dia jg pendengar yg baik. pas gw briefing modul, cm Albert yg dengerin :(

hhh... kapan gw bisa ky gtu... Image Hosted by ImageShack.us

hal yg lucu sekaligus mengejutkan dari dia
adalah sifat unpredictable-nya.
bayangin aja, pas perkenalan panitia dan masing2 dari kami
diminta utk menunjukkan gaya favorit, ini gaya favoritnya Albert..

krn saya suka Princess, jadi ini gaya favorit saya...
Image Hosted by ImageShack.us LOL. jgn2 jiwanya sm jiwa gw ketuker, hahahahahhahaha

emosi gw benar2 bergejolak selama acara ini.
bukan karena antusias atau senang yg berlebihan
tp karena gw selalu merasa cemas,
"abis ini ngapain lagi, abis ini ngapain lagi, aduuhhh..."
mengingat event ini merupakan pengalaman paling pertama gw
menjadi staff acara, dan dalam event ini pula untuk pertama
kalinya gw menjadi koorbid (meskipun secara formal gw menjabat
sebagai staff...)
well, kalau ga mengalami sendiri memang susah pst ngebayanginnya,
jadi divisi acara sekaligus jadi koordinator pertama kali.
overall, event ini benar2 menjadi wadah pembelajaran gw,
sesuai dgn intensi awal gw mau nyemplung ke acara ini Image Hosted by ImageShack.us

hal utama yg menjadi ironi dari event ini adalah ketidaksesuaian tujuan dgn
kenyataan yang dialami...
tujuan event ini dibuat untuk mengakrabkan 8 wilayah di Atma.
apa daya, saat pelaksanaan tidak ada satu pun peserta yg berasal
dari kedokteran, hukum, maupun psikologi.
panitianya dari kedokteran dan hukum pun ga ada.
untungnya dari psikologi ada gw, koorbid gw, dan 1 staff acara
lain yg jarang ikut rapat pleno Image Hosted by ImageShack.us

puji Tuhan pas hari H ada Agnes, BPH Pastoran sekaligus steering committee event ini.
kalau ngga, benar2 hanya gw yg jadi perwakilan dari psikologi pas acara tanam pohon berlangsung. hahahahhahahaha, sedih.

kesedihan lainnya dari acara ini adalah, jumlah peserta.
bayangkan saja suatu acara yg semula ditargetkan untuk 80 orang,
tiba2 targetnya susut jadi 20 orang.Image Hosted by ImageShack.us
sebenarnya dari penyusutan target peserta itu
bisa dilihat dan tergambar jelas tingkat kesuksesan acara.
apalagi penyusutan dilakukan pada H-2 *geleng2*.
hh, tp bagaimanapun jg gw bersyukur telah terlibat dlm event ini.
kegagalan memang merupakan metode pembelajaran yg paling baik.Image Hosted by ImageShack.us


Saturday, 17 September 2011

Cimacan Angkatan 4

benar - benar pengalaman perdana yg ga mungkin gw lupakan.
sulit banget untuk diungkapkan dalam kata-kata,
mengingat terlalu banyak hal unik dan berkesan yg terjadi pada
tanggal 13 - 16 Sept 2011 di Cimacan :)

mendampingi kelompok 10 (UYEE! ← jargon kelompok) yang beranggotakan
sembilan anak dari empat sekolah yang berbeda, sempat membuat
gw salah tingkah pada awalnya. hahahahahhaha

sebelum gw membahas pengalaman dengan kesembilan anak itu,
mari gw perkenalkan kesembilan prajurit kelompok 10 :
  • Joko Priyono, kelas 12 SMA Slamet Riyadi

  • Imam Bukhori, kelas 11 SMAN 88

  • Indah Apriyani, kelas 11 SMAN 88

  • Tri Nurdiani, kelas 12 SMAN 88

  • Dhuha Ramadhani, kelas 11 SMAN 98

  • Farah Savila, kelas 11 SMAN 98

  • Suci Nur Rachmi, kelas 11 SMAN 98

  • Hendra Prabowo, kelas 11 SMAN 104

  • Lydia Margaretha Tambunan, kelas 11 SMAN 104

masing-masing dari mereka memiliki keunikannya tersendiri.
ada yang senang berdakwah, jago bicara di depan umum,
punya suara bagus, dan pintar main gitar.
ada yang menjadi perekat kelompok, berusaha menggali potensinya,
dan pintar memberi masukan bagi kelompok.
meskipun ada juga yang pasif hingga hari terakhir.

sejujurnya gw agak meragukan apakah esensi pelatihan
berhasil ditangkap oleh peserta..
well, karena ketika diminta utk memberikan pendapat,
apa yg diaspirasikan cukup menyimpang
dari apa yg disasar modul. hmm....

hal lain yg menarik dari pelatihan tersebut,
gw merasa bonding gw dgn kelompok gw sangat minim,
mengingat gw kerap bingung mau ngapain utk mengisi waktu kosong.
misalnya pas nunggu sesi mulai, pas nunggu jam makan,
pas snack, pas selesai debrief dan masih ada waktu kosong, dsb.

agak sedih sih ketika gw melihat kakak2 di kelompok lain,
seperti Kak Stef yg sering disorakkin "yaaahhh"
ketika ia pergi meninggalkan kelompoknya,
seperti Kak Uya yg bahkan anak2 dikelompok lain
menyiratkan ingin dpt kakak PK dia,
seperti Kak Sinta yg meski terlihat pendiam
tapi mendapat suvenir buatan tangan anak2nya,
seperti Kak Patrick yg sangat oke
ketika menangani dinamika anak2 aktif di kelompoknya.
gw jadi merasa payah sendiri :P

tugas buat gw sebelum naik di batch berikutnya:
  • cari games utk dimainkan saat di ruang makan
    atau saat duduk di aula.

  • cari topik obrolan utk menjalin keakraban

  • cari tahu gimana caranya membangkitkan minat dan PD
    mereka yg kurang aktif

  • cari gerakan2 ajib buat power woosh, senam, atau yell2

overall, gw senang naik bersama batch 4 ini.
gw sangat belajar banyak terutama dari Kak Penny, si gadis genit *kyaaa~*
hahahahahhahahahahahaha

Monday, 1 August 2011

Kue Kering Keripik Pisang

acara kumpul2 dan baking2 di rumah Lulu bbrp hari yang lalu
(Amusing Cooking Day)
sukses membuat gw berpikir bahwa
"baking adalah hal yang mudah" Image Hosted by ImageShack.us

mudah? sombong amat luh, Stell

iyaaaa, beneran deh mudah!
prinsip utama (sebagai pemula) yg harus ditaati adl
IKUTI RESEP DGN BAIK DAN BENAR.
jangan sok tau,
jangan ketuker langkahnya,
perhatikan ilustrasi langkah2,
dan insyaoloh sukses Image Hosted by ImageShack.us

berikut ini adalah bukti nyata,
untuk pertama kalinya dalam hidup gw,
gw membuat kue kering tanpa didampingi siapa pun!
uwoooogh Image Hosted by ImageShack.us


percayalah saudara-saudarakuu, membuat kue kering itu mudaah ;)

Wednesday, 27 July 2011

Amusing Cooking Day

during holiday,
me with my besties; Lulu, Cindy, Vina, Xsella, Angie, and Cathlin
wondering what fun activity can we do together
to spend our holiday enjoyably :)

and at last, with super duper hyper great idea came from Lulu,
we decided to make something eatable today.
we made Chocolate Fondue and Custard Pudding (quite) successfully.

it's my very first time cooking by myself (okay, with all my friends)
without my mom's presence or guidance.
it's really fun, esp. because we made it together.
we laughed, cooked, took photos, laughed, ate, laughed, ate,
laughed, ate, laughed, ate. LOL

and since I did this thing,
I set some kind of assurance in my heart that COOKING IS EASY.
cooking can be so damn easy
as long as the recipe was written in detail
and the cooker read then follow really carefully.

we laugh all the time.
it's such a very nice moment to share with all my friends
but really unfortunate, Cathlin can't join us.
instead of 7 people, there were only 6 of us enjoyed the togetherness.

in the end, before we go home,
Cindy, the one who's just celebrate her 19th birthday on 17th Jul,
was given a surprise from the others.
we spread the chocolate paste left from Choco Fondue recipe
to Cindy's face, brutally.
LOL.

it's hard for me to describe every moments in this lovely day.
to feed your curiosity I shared photos that were taken
from 10 am to 5 pm this day.
hope those photos reveal all things happened today
comprehensively :D