Saturday, 17 September 2011

Cimacan Angkatan 4

benar - benar pengalaman perdana yg ga mungkin gw lupakan.
sulit banget untuk diungkapkan dalam kata-kata,
mengingat terlalu banyak hal unik dan berkesan yg terjadi pada
tanggal 13 - 16 Sept 2011 di Cimacan :)

mendampingi kelompok 10 (UYEE! ← jargon kelompok) yang beranggotakan
sembilan anak dari empat sekolah yang berbeda, sempat membuat
gw salah tingkah pada awalnya. hahahahahhaha

sebelum gw membahas pengalaman dengan kesembilan anak itu,
mari gw perkenalkan kesembilan prajurit kelompok 10 :
  • Joko Priyono, kelas 12 SMA Slamet Riyadi

  • Imam Bukhori, kelas 11 SMAN 88

  • Indah Apriyani, kelas 11 SMAN 88

  • Tri Nurdiani, kelas 12 SMAN 88

  • Dhuha Ramadhani, kelas 11 SMAN 98

  • Farah Savila, kelas 11 SMAN 98

  • Suci Nur Rachmi, kelas 11 SMAN 98

  • Hendra Prabowo, kelas 11 SMAN 104

  • Lydia Margaretha Tambunan, kelas 11 SMAN 104

masing-masing dari mereka memiliki keunikannya tersendiri.
ada yang senang berdakwah, jago bicara di depan umum,
punya suara bagus, dan pintar main gitar.
ada yang menjadi perekat kelompok, berusaha menggali potensinya,
dan pintar memberi masukan bagi kelompok.
meskipun ada juga yang pasif hingga hari terakhir.

sejujurnya gw agak meragukan apakah esensi pelatihan
berhasil ditangkap oleh peserta..
well, karena ketika diminta utk memberikan pendapat,
apa yg diaspirasikan cukup menyimpang
dari apa yg disasar modul. hmm....

hal lain yg menarik dari pelatihan tersebut,
gw merasa bonding gw dgn kelompok gw sangat minim,
mengingat gw kerap bingung mau ngapain utk mengisi waktu kosong.
misalnya pas nunggu sesi mulai, pas nunggu jam makan,
pas snack, pas selesai debrief dan masih ada waktu kosong, dsb.

agak sedih sih ketika gw melihat kakak2 di kelompok lain,
seperti Kak Stef yg sering disorakkin "yaaahhh"
ketika ia pergi meninggalkan kelompoknya,
seperti Kak Uya yg bahkan anak2 dikelompok lain
menyiratkan ingin dpt kakak PK dia,
seperti Kak Sinta yg meski terlihat pendiam
tapi mendapat suvenir buatan tangan anak2nya,
seperti Kak Patrick yg sangat oke
ketika menangani dinamika anak2 aktif di kelompoknya.
gw jadi merasa payah sendiri :P

tugas buat gw sebelum naik di batch berikutnya:
  • cari games utk dimainkan saat di ruang makan
    atau saat duduk di aula.

  • cari topik obrolan utk menjalin keakraban

  • cari tahu gimana caranya membangkitkan minat dan PD
    mereka yg kurang aktif

  • cari gerakan2 ajib buat power woosh, senam, atau yell2

overall, gw senang naik bersama batch 4 ini.
gw sangat belajar banyak terutama dari Kak Penny, si gadis genit *kyaaa~*
hahahahahhahahahahahaha