Monday, 31 October 2011

I Learned It The Hardest Way

entah ungkapan dalam judul di atas jika
diterjemahkan dalam bahasa Indonesia akan berbunyi seperti apa.
yang pasti, melalui kegiatan Tree Camp
pada tanggal 29-30 Oktober lalu,
gw sungguh mendapat banyak pelajaran di tengah kesulitan
yang telah gw alami. Image Hosted by ImageShack.us

perkenalkan,
namanya Putri Diedra, Fakultas Ekonomi 2009.
ramah, mudah bergaul, dan penuh ide.
pada akhirnya dia ttp bisa diandalkan,
meski awal2nya banyak melakukan penolakan. hahahahaha
jika wktu persiapannya lbh bny, gw yakin Putri bs jd MC
yg sangat oke pas acara berlangsung :)

sama seperti gw,
Putri pun menjabat sebagai staff acara dalam event ini.
tapi tidak seperti gw,
Putri tidak pernah mengecek e-mailnya
padahal modul dan rundown acara selalu didistribusikan
koorbid gw lewat e-mail (mengingat jarangnya divisi acara
melakukan rapat divisi...)


kalau yang ini namanya Joseph Utama,
tapi lebih akrab dipanggil Ocep.
sama seperti gw dan Putri, Ocep juga menjabat sbg staff acara dalam event ini.
tapi tidak seperti gw dan Putri,
Ocep sama sekali blank ttg isi dan games2 di dalam acara ini >.<
akibatnya,
dia hanya menjadi penjaga pos selama permainan outbound berlangsung dan menjadi pengiring gitar. Ocep ga pernah mimpin games di pendopo! Image Hosted by ImageShack.us

selama hari pertama, tgl 29/11,
Ocep benar2 gw bully.
dari jam 11, jam kedatangan peserta,
s.d jam 23.30, jam evaluasi,
gw selalu mengawali pembicaraan dengan ngmg "Ocep ganteng",
atau "Ocep yang paling ganteng".
gw bahkan ngmg sm panitia2 lain kalau
hny Ocep seorang yg paling ganteng diantara mrk.

apa yg gw lakukan memang menyebalkan dan jahat.
mengingat apa yg gw lakukan menimbulkan perasaan
tidak nyaman terhadap Ocep sendiri.
sebenarnya gw melakukan itu sebagai bentuk pelampiasan
kekesalan gw sm dia jg, krn dia ga tau apa2
dan ga bisa gw mintain tolong apa2 (pimpin games ga bisa,
bawain debrief ga bisa, pimpin renungan ga mau... hhhh..)
gw benar2 kesal wkt itu sm Ocep, tp gw ga sadar
bahwa dia udah beretika baik dengan berani hadir
di acara Tree Camp, walau blank sama sekali
ttg acara (pdhl dia staff acara!).

pada akhirnya gw tau kenapa Ocep bisa bgitu
ga bertanggung-jawab terhadap event ini.
ternyata dia, di saat yg bersamaan, telah terdaftar
dalam DELAPAN kepanitiaan lain.
gw baru ikut 3 kepanitiaan aja udah butuh ke UGD,
si Ocep ikut 8 dan dia masih hidup hingga detik ini.
lu.ar bi.a.sa, gw cukup salut sama dia.

tp dari Ocep pun gw belajar kalau gw harus bisa
memilih dan melakukan prioritas.
ga bisa semua kegiatan mau gw ikutin.
ga bisa juga mentang2 cm jadi staff terus jadi
merasa ga involved dalam suatu kegiatan.
ga bisa, Cep, ga bisa! hahahahahahahhaha

perkenalkan,
ini adalah tim advance.
terdiri dari Ito, wakil ketua,
Albert, koordinator perlengkapan
beserta Jonathan, staff perlengkapan,
dan gw, perwakilan dari divisi acara.

sesuai judul, kami, tim advance,
berangkat terlebih dahulu menuju lokasi camping
pada tanggal 28/11.
gw sangat bersyukur dengan keberadaan teman2
tim advance ini :)
percayalah, tanpa mereka gw ga akan bisa menyusun ulang rundown di H-1 sambil mengoreksi clue games yang salah, sambil melengkapi modul games yg kurang. keberadaan Ito, Albert, dan Jon waktu itu benar2 memberikan energi positif ke gw, yg sungguh mengalami disonansi ketika harus mewakili divisi acara dlm tim advance... *hela napas panjang*

menurut gw,
selama bersama tim advance,
gw paling banyak belajar dari manusia yg satu ini >>
gw belajar cara kerja efektif.
seriously, Albert ga pernah mengeluh selama menyiapkan perlengkapan.
yang dia tau cm kerjain, kerjain, dan kerjain segala sesuatu yg bisa dia kerjain.
sedangkan yg gw tau cm
mengeluh, marah2, kesel, dan hal2 tidak berguna lainnya.
keberadaan dia di tengah2 tim advance mnrt gw benar2 membantu.
pembawaannya tenang bgt, bisa dibilang ga ada emosi bahkan.
dia jg pendengar yg baik. pas gw briefing modul, cm Albert yg dengerin :(

hhh... kapan gw bisa ky gtu... Image Hosted by ImageShack.us

hal yg lucu sekaligus mengejutkan dari dia
adalah sifat unpredictable-nya.
bayangin aja, pas perkenalan panitia dan masing2 dari kami
diminta utk menunjukkan gaya favorit, ini gaya favoritnya Albert..

krn saya suka Princess, jadi ini gaya favorit saya...
Image Hosted by ImageShack.us LOL. jgn2 jiwanya sm jiwa gw ketuker, hahahahahhahaha

emosi gw benar2 bergejolak selama acara ini.
bukan karena antusias atau senang yg berlebihan
tp karena gw selalu merasa cemas,
"abis ini ngapain lagi, abis ini ngapain lagi, aduuhhh..."
mengingat event ini merupakan pengalaman paling pertama gw
menjadi staff acara, dan dalam event ini pula untuk pertama
kalinya gw menjadi koorbid (meskipun secara formal gw menjabat
sebagai staff...)
well, kalau ga mengalami sendiri memang susah pst ngebayanginnya,
jadi divisi acara sekaligus jadi koordinator pertama kali.
overall, event ini benar2 menjadi wadah pembelajaran gw,
sesuai dgn intensi awal gw mau nyemplung ke acara ini Image Hosted by ImageShack.us

hal utama yg menjadi ironi dari event ini adalah ketidaksesuaian tujuan dgn
kenyataan yang dialami...
tujuan event ini dibuat untuk mengakrabkan 8 wilayah di Atma.
apa daya, saat pelaksanaan tidak ada satu pun peserta yg berasal
dari kedokteran, hukum, maupun psikologi.
panitianya dari kedokteran dan hukum pun ga ada.
untungnya dari psikologi ada gw, koorbid gw, dan 1 staff acara
lain yg jarang ikut rapat pleno Image Hosted by ImageShack.us

puji Tuhan pas hari H ada Agnes, BPH Pastoran sekaligus steering committee event ini.
kalau ngga, benar2 hanya gw yg jadi perwakilan dari psikologi pas acara tanam pohon berlangsung. hahahahhahahaha, sedih.

kesedihan lainnya dari acara ini adalah, jumlah peserta.
bayangkan saja suatu acara yg semula ditargetkan untuk 80 orang,
tiba2 targetnya susut jadi 20 orang.Image Hosted by ImageShack.us
sebenarnya dari penyusutan target peserta itu
bisa dilihat dan tergambar jelas tingkat kesuksesan acara.
apalagi penyusutan dilakukan pada H-2 *geleng2*.
hh, tp bagaimanapun jg gw bersyukur telah terlibat dlm event ini.
kegagalan memang merupakan metode pembelajaran yg paling baik.Image Hosted by ImageShack.us