Friday, 10 July 2015

Disalahpahami

image taken from here
menjadi orang yang memilih untuk enggak peduli
dengan lingkungan di sekitarnya, terkadang merupakan hasil dari belajar.
orang tersebut belajar banyak bahwa menunjukkan banyak kepedulian
merupakan hal yang sangat salah untuk dilakukan di dunia yang kejam ini.
perilaku peduli menjadi salah karena seringkali disalahpahami.

salah paham yang seringkali terjadi adalah
dianggap punya tujuan lain yang berbeda
daripada perilaku yang tampak.
misalnya gw marah sewaktu dijemput. gw dianggap tidak tahu diri.
padahal gw marah karena gw enggak mau dijemput, tapi penjemput
tetap ngotot mau menjemput. gw marah karena gw peduli sama si penjemput.
gw enggak mau penjemput merasa capek (Jakarta mahamacet kan ya).

dianggap kepeduliannya semu.
misalnya gw suatu hari menyadari suatu perilaku gw,
yang biasanya gw lakukan, ternyata merugikan orang lain.
gw kemudian melakukan perilaku tersebut tapi sambil ngomong
"maaf ya X, gw ngerepotin"
tanggapan yang sering gw dapat adalah
"ah lw, biasa juga ngerepotin tapi enggak peduli".

gw menggunakan diri gw sebagai contoh karena
memang seringkali pengalaman itulah yang gw alami.
saat ini gw sedang menyadari sepenuhnya
asal muasal ketidak pedulian yang seringkali gw tunjukkan pada orang lain.

gambar yang sama dengan di sini
terima kasih dunia.
tugas gw untuk bertahan menjadi Stella yang sesungguhnya,
kini terasa semakin berat.