Thursday, 13 August 2015

Sepatu Berlampu

foto sepatu anak berlampu dari sini
obrolan dengan seorang teman membuat gw
membahas tentang sepatu berlampu yang dipakai oleh anak2.
sepatu berlampu menurut gw adalah sepatu "wajib" jaman anak2.
sepatu itu memiliki lampu LED di bagian solnya
sehingga ketika dipakai untuk berjalan, lampu akan menyala
dan sol sepatu akan berkedip-kedip.

gw waktu kecil melihat sepatu tersebut sebagai hal yang keren.
anggapan gw bahwa sepatu berlampu itu keren, tidak pernah sirna.
sekarang pun kalau gw melihat ada anak kecil pakai sepatu berlampu,
gw akan dengan spontan bilang "wah sepatu kamu keren ya".

gw rasa hal ini bisa terjadi karena gw
enggak pernah memiliki sepatu berlampu itu.
gw, waktu kecil, menginginkan sepatu berlampu
tapi tidak dibelikan nyokap, menurutnya sepatu itu norak.

gw membahas anggapan gw bahwa sepatu berlampu itu keren
dan teman gw bilang itu sepatu enggak ada keren-kerennya.
anggapan teman gw bahwa sepatu berlampu enggak keren
terbentuk ketika dia memiliki sendiri sepatu berlampu.
menurutnya, sepatu berlampu hanya keren jika dipakai oleh orang lain.
pemakaian sepatu berlampu oleh diri sendiri hanya membuat diri
merasa berlebihan, norak, dsb, kata teman gw yang pernah memilikinya.

gw berpikir, perasaan yang sama bisa diaplikasikan juga ke hal lain,
misalnya rasa rindu atas keberadaan seseorang dalam hidup orang lain.
rasa rindu hanya tampak manis dan menggemaskan
jika terjadi pada orang lain.

rindu tidak seindah itu jika dirasakan oleh diri sendiri.