Friday, 25 March 2016

Pertanyaan Sebelum Menikah

ilustrasi apik dari Julia Rothman

pagi ini seorang sahabat dengan tiba-tiba mengirimkan sebuah tautan.
tautan itu berisi artikel dari New York Times,
tentang 13 pertanyaan untuk ditanyakan sebelum menikah.

sahabat ini memang sudah mau menikah,
dia sudah punya pacar yang cukup menentramkan (settle)
dan mereka berencana untuk membangun rumah tangga bersama.
iya, kami sangat berbeda.
gw bahkan belum terpikir untuk menikah
di usia sekarang-sekarang ini
(rentang usia 20-27 tahun itu kan diyakini sebagai
umur nikah idealnya perempuan)
yeah, kayaknya benar omongan orang
kalau gw itu laki-laki, bukan perempuan.

obrolan terjadi di antara kami.
bukannya menemukan suatu kesimpulan bersama, tetapi
diskusi kami sampai pada sebuah bahasan baru yang tidak terpecahkan:
mana yang lebih utama antara faktor kesamaan identitas (iman dan etnis)
atau faktor kecocokan kepribadian
ketika mempertimbangkan seseorang untuk menjadi pasangan hidup.

akan tetapi, daripada pusing-pusing berpikir
untuk bahasan baru tidak terpecahkan yang gw temukan
bersama dengan sahabat gw,
gw tuliskan saja 13 pertanyaan untuk ditanyakan sebelum menikah
yang gw baca dari New York Times.
selamat bertanya.


  1. Bagaimana cara keluargamu menyelesaikan ketidaksepakatan?
  2. Apakah kita berencana memiliki anak? Jika ya, apakah kamu akan terlibat langsung dalam pengasuhan anak (misalnya ganti popok).
  3. Apakah dampak dari pengalaman dengan mantan kita?
  4. Seberapa penting agama? Bagaimana cara merayakan hari besar agama?
  5. Apakah hutangku menjadi hutangmu juga?
  6. Pengeluaran terbanyak akan dialokasikan untuk membeli apa?
  7. Apakah kamu bisa mentolerir aku sendirian melakukan hal kusukai?
  8. Seberapa cocok kita dengan orangtua masing-masing?
  9. Seberapa penting hubungan seksual bagi kamu?
  10. Bagaimana kamu menoleransi percumbuan (flirting) aku dengan orang lain?
  11. Bagaimana caramu mengungkapkan "aku cinta kamu"?
  12. Apa yang kamu kagumi dariku? Apa yang kamu anggap menjengkelkan dariku?
  13. Bagaimana kamu membayangkan kita 10 tahun ke depan?