Tuesday, 8 March 2016

Usaha

Kita itu berjalan menuju kebaikan,
sungguh-sungguh bisa menerima orang apa adanya,
apapun jenisnya, kelakuannya tuh bisa saya terima.
Ya saya berusaha untuk itu,
tapi saya sudah berhasil atau belum, ya enggak tahu.
Kadang-kadang berhasil, kadang-kadang tidak.
Jadi saya lebih mengatakan ya saya susah menerima orang ini
tapi saya berusaha untuk menerima.

[salah satu peserta FGD dalam penelitian tahun ini]
terkadang usaha itu tertangkap mudah untuk dikatakan.
"gw usaha keleus"
"parah gw udah usaha mati-matian tapi masa tetap ga berhasil!"
"kurang usaha apaa gw?!!"

tapi kenyataannya, usaha itu bukan sebuah tujuan,
bukan sebuah hasil,
melainkan sebuah kata kerja, sebuah proses.
perilaku yang terus menerus dilakukan
demi tercapainya suatu hal yang diinginkan seseorang.

ketika berusaha kemudian tidak berhasil,
apakah itu artinya gagal?
berusaha menjadi rajin, gagal, kemudian dibilang malas?
berusaha menjadi pintar, gagal, kemudian dibilang bodoh?
berusaha menjadi tahu, gagal, kemudian dibilang sok tahu?

ketangguhan seorang manusia teruji saat dirinya membuat usaha.
seberapa kuat dan sanggup ia tetap berusaha,
ketika usaha yang dilakukannya menghasilkan kegagalan.
mau pintar, kemudian gagal, lalu disebut bodoh.
apakah kemudian usaha untuk menjadi pintar pun hilang?

gagal menjadi bagian lain dari usaha.
kalau tidak gagal ya sukses, berhasil.
pilihannya cuma dua dan selalu hanya akan ada dua.
sebuah kerja yang tanpa ada kegagalan,
sederhananya disebut sebagai kemudahan.
sebegitu mudahnya suatu hal untuk dicapai
sampai dengan sekali usaha, langsung bisa mendapatkannya.

contoh di atas masih sebatas bagaimana usaha
yang dilakukan seseorang
berguna untuk dirinya sendiri.
bagaimana dengan usaha yang ditujukan
supaya mendatangkan guna bagi orang lain?
berusaha mencintai, gagal, kemudian dibilang mengenaskan?
berusaha menyayangi, gagal, kemudian dibilang tragis?
berusaha menerima, gagal, kemudian dibilang denial?
sulit menentukannya bukan?

akan selalu ada saat di mana saya mungkin berhasil,
mungkin juga belum berhasil.
sedang beruntung, atau sedang malang.
segala hal itu mungkin terjadi,
tidak ada yang bisa tahu,
tidak ada yang bisa menjamin,
yang ada hanyalah berusaha.
karena usaha itu datangnya dari dalam diri
dan hanya diri sendiri yang bisa diatur oleh
pikiran dan hati yang menyatu di dalamnya.

oleh karena itu,
percayalah bahwa semua orang berusaha.
menurut caranya masing-masing,
dengan kesanggupannya masing-masing, dan
disertai oleh keyakinannya masing-masing.

terima kasih seorang almarhum teman inspiratif,
yang akhir-akhir ini kutipannya selalu terkenang
dalam batin.
kutipan ini menjadi kekuatan, untuk membuat usaha :')
Hidup adalah perjuangan.
Mau hidup, ya harus berjuang.

Sarah Rezivvon Tinayo
(6 Oktober 1991 – 10 April 2015).
taken from here.