Sunday, 2 July 2017

Tentang Jatuh Cinta

gambar diambil dari sini.

seolah menjadi ritual buat gw untuk mengeksplorasi diri ketika gw sedang dekat dengan seseorang. seperti contohnya saat ini, gw sedang mencari tahu tentang jatuh cinta karena gw ingin tahu apakah gw sedang mengalaminya.

ketiga artikel dari Psychology Today berikut menjadi inspirasi tulisan gw kali ini.
(artikel 1, artikel 2, dan artikel 3)

gw sangat suka dengan tulisan di artikel pertama yang berjudul
Bagaimana Cara Anda Tahu Sedang Jatuh Cinta. Kim, si penulis, berusia 38 tahun dan punya pengalaman perceraian. berdasarkan pengalamannya, Kim mengatakan bahwa cinta adalah wujud dari serangkaian pilihan.

setiap orang, berdasarkan prioritas dan preferensi masing-masing, punya serangkaian faktor yang menjadi landasan untuk memilih apakah mau atau tidak mencintai seseorang. faktor itu terdiri dari bentuk badan, kecerdasan, prinsip hidup, dan lain sebagainya.

Kim, di artikel tersebut mengibaratkan bahwa cinta seperti penerbangan di pesawat. ketika terjadi goncangan/turbulensi, muncul keraguan terhadap pasangan, saat itulah pilihan kembali perlu dibuat. pilihannya hanya dua, melanjutkan penerbangan atau berusaha loncat keluar dari pesawat.

kesimpulannya, cinta adalah proses memilih setiap hari, antara mau mencintai atau tidak. antara mau melanjutkan proses mencintai atau berhenti. karena pada kenyataannya, seseorang bisa mencintai orang lain selamanya sekaligus memilih untuk tidak mencintai orang tersebut selamanya. ada kalanya kemampuan untuk mencintai menurun atau meningkat. terkadang terasa mudah, terkadang rasanya sangat sulit untuk mencintai. akan tetapi pada akhirnya, semua itu adalah pilihan.

semakin lama seseorang bertahan dalam pesawat, semakin mudah ia dalam memilih. pilihan dalam mencintai menghasilkan kesempatan untuk mencapai sesuatu dalam hidup yang tidak mungkin dicapai sebelumnya jika dilakukan seorang diri.

tulisan di artikel dua dan tiga ditulis oleh orang yang sama di tahun yang berbeda. intinya kurang lebih sama-sama membahas tanda-tanda jika seseorang jatuh cinta. berikut ini kompilasi yang coba gw buat dengan menggabungkan kedua artikel tersebut.


  • Bersedia melakukan hal baru
  • misalnya jadi menonton acara TV yang berbeda, mencoba makanan yang baru, dsb.

     
  • Mengalami perasaan yang intens (termasuk tekanan)
  • peningkatan hormon stres, kortisol, membuat seseorang menjadi lebih cemas, tegang, atau gugup. hal tersebut adalah respon yang wajar terhadap seseorang yang dianggap memiliki kesan mendalam.

     
  • Termotivasi untuk bersama dengan orang tersebut
  • Mendapat balasan perasaan
  • orang yang sedang jatuh cinta akan fokus terhadap satu sama lain. ketika perasaan jatuh cinta timbul untuk beberapa saat, keinginan untuk saling terikat (attachment) menjadi meningkat. rasa senang atas kehadiran pasangan menjadi tanda keberhargaan relasi yang dibagun serta membantu keberlanjutan relasi.

     
  • Ada dorongan untuk mengatakan "aku sayang kamu"
  • dorongan ini menjadi tanda paling jelas meski banyak orang yang ragu untuk mengatakan tiga kata tersebut. laki-laki lebih mungkin untuk mengatakannya terlebih dahulu daripada perempuan. selain itu, kepedulian dari satu orang kepada orang lain membuat seseorang yang sedang jatuh cinta terdorong untuk melakukan sesuatu demi memudahkan hidup pasangannya. cinta yang tulus memungkinkan kedua orang yang saling mencintai untuk saling memberikan kebaikan sehingga meningkatkan kesejahteraan kedua pihak.

     
  • Berani berinvestasi terhadap orang tersebut
  • investasi yang dimaksud termasuk juga keberanian untuk mengambil risiko dalam membuat pilihan terhadap orang lain. misalnya memilih untuk secara terbuka menceritakan rahasia masa lalu yang kurang baik, atau memilih untuk mengorbankan waktu, tenaga, emosi, dan uang. orang yang jatuh cinta akan semakin meningkatkan investasinya terhadap pasangan, sehingga semakin mendorong komitmen dan stabilitas relasi.

     
  • Memiliki jawaban iya atas pertanyaan berikut
    • Apakah orang tersebut akan mendukung, menghormati, memahami, dan berbelas kasih terhadapmu?
    • Apakah orang tersebut memiliki nilai-nilai (values) dan prioritas yang sama?
well, akhir kata, meski ada beberapa hal yang bisa dijadikan tanda apakah seseorang sedang jatuh cinta, pada akhirnya diri sendiri yang membuat keputusan apakah saya mau mencintai dia.

selamat mencinta, semoga cinta kembali padamu.
My heart says we've got something real
Can I trust the way I feel
Cause my heart's been through it before
Am I'm just seeing what I want to see
Or is it true
Could you really be

Someone to have and hold
With all my heart and soul
I need to know
Before I fall in love
Someone who'll stay around
(Who warns) my ups and downs
So tell me now
Before I fall in love

And I'm at the point of no return
So afraid of getting burned
But I wanna take a chance
Oh please
Give me a reason to believe
Say you're the one that you'll always be

Someone to have and hold
With all my heart and soul
I need to know
Before I fall in love
Someone who'll stay around
(Who warns) my ups and downs
So tell me now
Before I fall in love

It's been so hard for me
To give my heart away
But I would give my everything
Just to hear you say...

Someone to have and hold
With all my heart and soul
I need to know
Before I fall in love
Someone who'll stay around
(Who warns) my ups and downs
So tell me now
Before I fall in love

- Before I Fall In Love, Coco Lee